Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Kurban: Sapi dari Infaq Siswa MTsN 24 Jakarta

Pada hari Selasa tanggal 18 Juni 2024, MTsN 24 Jakarta menggelar kegiatan penyembelihan hewan kurban sebagai bagian dari program pendidikan nilai-nilai pengurbanan kepada para siswa. Kegiatan ini diinisiasi atas infaq siswa yang terkumpul setiap hari Jumat selama satu tahun ajaran, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada siswa mengenai pentingnya pengorbanan dalam kehidupan.

Sapi kurban yang dipilih untuk kegiatan ini telah dipilih dengan teliti, memenuhi syarat-syarat yang diperlukan sesuai dengan ajaran agama dan kriteria kesehatan. Sapi ini merupakan simbol dari kesediaan untuk mengorbankan sesuatu yang sangat dicintai demi kepentingan umum yang lebih besar.

Kepala Madrasah, Bapak Guntoro, menyatakan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekadar ritual keagamaan, namun juga sebagai latihan bagi para siswa agar mereka dapat memahami makna sebenarnya dari pengurbanan. “Kurban mengajarkan kita untuk mengeluarkan yang terbaik dari apa yang kita miliki untuk kepentingan orang lain. Hal ini menguatkan rasa empati dan kepedulian sosial di antara siswa kami,” ujar beliau.

Proses penyembelihan sapi berlangsung dengan khidmat dan diawasi langsung oleh tim yang terdiri dari para guru dan tenaga pengajar, serta dibantu oleh beberapa pengurus Osos dan siswa lainnya yang secara sukarela turut serta dalam proses ini. Setelah penyembelihan, daging sapi kurban didistribusikan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan, termasuk kepada fakir miskin dan kaum dhuafa, khususnya dari para siswa.

“Kami berharap dengan pengalaman ini, siswa-siswi kami tidak hanya mengerti secara teoritis tentang kurban, tetapi juga memiliki pengalaman langsung yang dapat membentuk karakter mereka untuk menjadi pribadi yang lebih peduli dan mengorbankan diri untuk kebaikan bersama,” tambah kepala madrasah.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi madrasah-madrasah lainnya untuk mengintegrasikan nilai-nilai pengurbanan dalam kurikulum pendidikan mereka. Dengan demikian, generasi muda dapat tumbuh menjadi individu yang tidak hanya cerdas intelektualnya, tetapi juga kaya akan nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan.

Demikianlah laporan singkat mengenai pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di MTsN 24 Jakarta. Semoga kegiatan ini menjadi langkah awal yang baik dalam membentuk pribadi yang bertanggung jawab dan berjiwa sosial di kalangan siswa-siswi madrasah. (Humas 24).

Jakarta, 18 Juni 2024