Selebrasi P5P2RA di MTsN 24 Jakarta Timur

Pada hari Jumat, 21 Juni 2024, MTsN 24 Jakarta Timur menggelar selebrasi Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil-alamin (P5P2RA) di halaman sekolah. Acara ini dibuka oleh Wakil Kepala Kurikulum, Ibu Nurul Fajri Ardiani, yang memberikan pesan inspiratif agar para siswa terus meningkatkan kreativitas mereka dalam rangka mensosialisasikan Gaya Hidup Berkelanjutan.

Dalam sambutannya, Ibu Nurul Fajri Ardiani menyatakan, “Saya berharap para siswa dapat terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas mereka dalam mendukung Gaya Hidup Berkelanjutan. Kegiatan seperti ini sangat penting untuk membangun kesadaran lingkungan sejak dini.” Selanjutnya acara pembukaan juga dimeriahkan dengan pentas tari dan musik.

Selebrasi kali ini menampilkan hasil proyek siswa kelas 8 berupa cetakan dengan teknik ecoprint pounding dan steam. Produk-produk yang dipamerkan antara lain gelas dengan gambar cetakan berbagai model daun, jilbab batik dengan motif daun-daunan, kaos, dan goodie bag yang bergambar aneka rupa daun. Karya-karya ini menunjukkan keterampilan dan kreativitas para siswa dalam mengolah bahan alam menjadi produk bernilai seni tinggi.

Smentara itu, siswa kelas 7 juga berpartisipasi dengan menampilkan produk cairan pembersih yang terbuat dari buah-buahan rusak. Produk ini tidak hanya menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dengan memanfaatkan limbah buah, tetapi juga inovasi dalam menciptakan produk yang ramah lingkungan.

Acara ini berlangsung sangat meriah karena digelar bersamaan dengan pembagian rapor semester genap tahun ajaran 2023-2024. Antusiasme tampak dari para guru dan pengunjung lainnya yang tidak hanya menyaksikan, tetapi juga membeli produk-produk hasil karya para siswa sebagai bentuk apresiasi.

Kegiatan ini terlaksana dengan sukses berkat koordinasi yang kompak dari para wali kelas 7 dan 8. “Kerja sama yang baik dari para guru dan siswa sangat penting dalam menyukseskan acara ini. Kami bangga dengan hasil kerja keras mereka,” ujar salah satu wali kelas.

Selebrasi P5P2RA ini bukan hanya menjadi ajang pameran karya, tetapi juga sebagai momentum untuk mengedukasi dan membangun kesadaran akan pentingnya gaya hidup berkelanjutan di kalangan siswa MTsN 24 Jakarta Timur. Dengan adanya acara seperti ini, diharapkan para siswa semakin termotivasi untuk terus berkreasi dan berinovasi demi masa depan yang lebih baik. (Humas-24)