bendera

Hardiknas dan Idul Fitri

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di MTsN 24 Jakarta Timur dilaksanakan dengan menggelar upacara bendera di lapangan madrasah. Asifudin selaku kepala madrasah bertindak sebagai pembina upacara. Dalam amanatnya, ia menyampaikan sambutan Mendikbudristek Nadim Makarim yang intinya menjelaskan tentang pentingnya menghayati Merdeka Belajar sebagai spirit baru dalam pembelajaran. Melalui penerapan Kurikulum Merdeka, para siswa dan guru ditantang untuk fokus dalam pengembangan bakat-minat yang secara potensial telah dimiliki setiap siswa. Dengan demikian, pembelajaran dapat dirasakan semakin bermakna dan oleh karenanya para siswa dapat semakin bergairah melakukan pembelajaran yang dipandu para guru.

Setelah selesai pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan Halal Bihalal para guru dengan para siswa. Hal ini juga disampaikan dalam amanat kepala madrasah atas nama seluruh para guru dan karyawan bahwa interaksi yang selama ini terjalin di antara seluruh warga madrasah, tidak menutup kemungkinan terjadi khilaf. Baik disengaja maupun tidak. Oleh karena itu penting sekali untuk saling memaafkan agar kualitas interaksi yang akan datang semakin meningkat. Bentuk peningkatan kualitas itu dapat dimungkinkan karena selepas menunaikan ibadah puasa, umat Islam kembali pada asal penciptaannya sebagai ahsani taqwim (makhluk terbaik). Kondisi ini pula yang merupakan makna dari istilah idul fitri (kembali pada fitrah atau kesucian) manusia seperti saat baru dilahirkan di muka bumi. Yaitu kondisi di mana setiap manusia yang lahir dibekali dengan potensi-potensi kebaikan.

Pendidikan diselenggarakan dengan tujuan utama untuk merawat, menumbuhkan, dan mengembangkan potensi-potensi kebaikan itu. Selanjutnya manusia terus berproses dalam pembelajaran yang dilakukan sepanjang hayat sesuai kecenderungan potensi atau bakat-minatnya. Spirit inilah yang diakomodasi dal Kurikulum Merdeka. Sebuah kurikulum yang lebih mempertegas dari semangat kurikulum-kurikulum sebelumnya yang berorientasi pada pengembangan kompetensi siswa. Selamat Hari Pendidikan Nasional, selamat merayakan merdeka belajar. (ame.humas-24)

Previous Article
Next Article